*/ Read More Script /*

And You are Lucky Number...

And You are Lucky Number..........

--Welcome Home--

你好! Hello! Myspace Comments Hello there!! Don't forget to drop some comments for the articles! Thank youuu :)

Sunday, October 26, 2008

Pemuda's Oath


baca: sumpah pemuda.

Pada inget nggak, besok lusa adalah Hari Sumpah Pemuda? Hari Sumpah Pemuda selalu diperingati tanggal 28 Oktober, setiap tahunnya oleh setiap golongan. Meskipun Hari Sumpah Pemuda tidak seterkenal hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November, Hari Sumpah Pemuda tidak kalah bersejarah lo!


Sumpah Pemuda merupakan sumpah setia hasil rumusan Kerapatan Pemoda-Pemoedi Indonesia atai dikenal dengan Kongres Pemuda II, dibacakan pada tanggal 28 Oktober 1928. Tanggal ini kemudian diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.



PERTAMA. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia,
Mengakoe Bertoempah Darah Jang Satoe, Tanah Indonesia.
KEDOEA. Kami Poetera
dan Poeteri Indonesia, Mengakoe Berbangsa Jang Satoe, Bangsa Indonesia.
KETIGA. Kami Poetera dan Poeteri Indonesia, Mendjoendjoeng Bahasa
Persatoean, Bahasa Indonesia.


Istimewanya, sebelum kongres ditutup, untuk pertama kalinya diperdengarkan lagu Indonesia Raya karya Wage Rudolf Supratman yang dimainkan dengan biola. 'Release' lagu kebangsaan kita ini semakin menambah nilai nasionalisme bagi para pemuda: memperjuangkan kemerdekaan.


Sekarang, setelah 80 tahun berlalu, pemuda-pemudi Indonesia sudah tak lagi mengenal Sumpah Pemuda. Sekalipun kenal, itu berkat jasa guru Sejarah, yang mungkin hanya sebatas memperkenalkannya. Semangat pemuda-pemudi kala itu tak lagi menempel di lengan. Konsumerisme, hedonisme, dan materialisme sudah menutup mata bangsa [terutama kaum muda] terhadap hal-hal yang nasionalis. Mengenaskan. Upacara bendera pun dilaksanakan setengah hati, padahal diagung-agungkan dahulu kala.


Akankah pemuda bersedia membangun bangsa? Setia pada tanah air? Mengabdi pada negara?


Hanya bisa mengelus dada...~
(eve)

Comments :

0 comments to “Pemuda's Oath”