*/ Read More Script /*

And You are Lucky Number...

And You are Lucky Number..........

--Welcome Home--

你好! Hello! Myspace Comments Hello there!! Don't forget to drop some comments for the articles! Thank youuu :)

Monday, November 10, 2008

Fakta Layout Alphabet Keyboard




Pernah nggak temen-temen mikir kenapa susunan huruf di komputer atau mesin tik tidak sesuai dengan urutan alphabet?

Susunan huruf pada keyboard saat ini adalah susunan QWERTY. Nama QWERTY diambil dari enam huruf pertama yang berada pada barisan paling atas di keyboard. Ini merupakan hasil pekerjaan dari seorang penemu yang bernama C.L Sholes yang membuat prototype pertama dari mesin tik komersial di Milwaukee, Amerika Serikat.

Saat Sholes membuat model pertamanya di tahun 1868, susunan huruf pada keyboard diatur secara alphabet dalam dua baris. Pada saat itu, Milwaukee adalah sebuah kota yang memproduksi kayu. Dan toko-toko peralatan di sana hampir tidak dapat memproduksi sebuah instrument yang benar-benar dapat bekerja akurat. Sehingga tidak diragukan lagi bahwa mesin tik jaman dulu betul-betul lambat. Dan pada saat orang menggunakannya sudah dijamin pasti akan macet dan bentrok. Tapi Sholes dapat memikirkan sebuah cara, yaitu dengan cara mengatur ulang susunan hurufnya.

Mesin tik pertama memiliki hurufnya pada ujung sebuah batang yang disebut "Typebars". Typebar ini bergantung di sebuah lingkaran. Sebuah roller yang memegang keras terletak di atas lingkaran tersebut. Dan pada saat tuts ditekan, typebar akan berayun dan mengenai kertas dari bawah. Jika dua buah typebar letaknya berdekatan di lingkaran, akan timbul bentrokan satu sama lain. Jadi Sholes harus memisahkan dua huruf yang selalu berdekatan pemakaiannya seperti contohnya TH.

Dia melakukan itu dengan menggunakan sebuah studi pasangan huruf yang disiapkan oleh seorang pendidik yang bernama Amos Densmore. Keyboard QWERTY itu sendiri ditentukan oleh hubungan mekanis yang typebars di dalam mesin dan terhadap tuts yang berada di luar mesin. Solusi ini tidak secara total dalam memecahkan masalah, tapi setidak-tidaknya bisa mengurangi.

Sholes dan Densmore kemudian pergi ke Remington yaitu sebuah pabrik manufaktur untuk memproduksi mesin karya mereka secara masal. Di tahun 1874, mesin tik pertama muncul di pasaran. Pada saat muncul pertama kali hampir tidak ada yang mempertanyakan mengenai susunan huruf yang tidak biasa itu.


(bella soe)

Comments :

3 comments to “Fakta Layout Alphabet Keyboard”

if only kamu tau
f*ckta ini jadi soal lomba pas di binus jakarta

siapa nama penemu [ato apapun] keyboard?
a. qwert yuiop
ato
b. qwert yiuop

nah untung saja ada tukang ketiknya
yang mencoba mengetik
HALO KAMU LAGI NGAPAIN
akhirnya, terjawablah a.

BETUL TNYATA.. HAHAHAHAAA~!

Anonymous said...
on 

and even if menurut artikel mu yang nemuin Qboard namanya: as shole, dan even if soal yang diberikan di jakarta itu salah [aku inget dengan jelas dia tanya penemunya.. or watever], artikelmu tetep cooL banggettss seperti orangnya: Virgo. remember, VIRGO stands for VIRGINITY ;p makanya KAPAN KAUU PUNYA PACARR....~

Anonymous said...
on 

informatif banget bel...

thx infonya, aku baru tau lhoo...

bukane baru tau seh, pernah denger cuma baru tau ampe jelas setelah baca artikelmu.

Btw, postingan blog kita melambat. Tetep Semangat!!!

Anonymous said...
on