*/ Read More Script /*

And You are Lucky Number...

And You are Lucky Number..........

--Welcome Home--

你好! Hello! Myspace Comments Hello there!! Don't forget to drop some comments for the articles! Thank youuu :)

Sunday, November 09, 2008

Teh Menghambat Penyerapan Zat Besi




Apa temen-temen punya kebiasaan minum teh hangat, es teh, fruit tea, teh sosro atau semacamnya setelah makan? Kalau temen-temen punya kebiasaan seperti itu cobalah tinggalkan kebiasaan buruk tersebut karena tidak baik untuk kesehatan. Menurut para ahli kedokteran kebiasaan minum teh sebelum atau sesudah makan akan menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. Padahal zat besi dalam tubuh sangat dibutuhkan.

Menurut Prof Dr Soetaryo teh menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. Bagi para pecandu teh , disarankan untuk tidak meminumnya setelah makan. Pasalnya, minum teh setelah makan dapat menyebabkan hambatan penyerapan zat besi dalam tubuh hingga 80 %. Padahal, zat besi sangat dibutuhkan dalam upaya pertumbuhan kualitas tubuh manusia. Oleh karena itu, kebiasaan minum teh sesudah makan sebaiknya dihilangkan. Sebaiknya teh diminum dua jam sesudah dan sebelum makan.

Zat besi menjadi sangat penting dalam kualitas manusia karena setiap pertumbuhan sel manusia membutuhkan keberadaan zat besi ini. Zat besi digunakan sebagai profilerasi dan diferensi sel, termasuk sel saraf, otot, tulang dan organ lain. Defisiensi besi meskipun belum muncul sebagai anemia juga akan mengganggu perkembangan fungsi kognitif. Kekurangan zat besi ini biasanya terjadi pada anak-anak. Dan salah satu ciri anak yang mengalami kekurangan zat besi ini antara anak akan menjadikan anak merasa cemas, depresi, gangguan perhatian. Dan pada akhirnya akan mengganggu prestasi sekolah mereka.

Apa sih sebenarnya fungsi zat besi di dalam tubuh? Spesialis gizi klinik, dokter Samuel Oentoro MS SpGK, menjelaskan, zat besi berfungsi untuk untuk membentuk sel darah merah. Sementara sel darah merah bertugas mengangkut oksigen dan zat-zat makanan ke seluruh tubuh, serta membantu proses metabolisme tubuh untuk menghasilkan energi. Nah, jika asupan zat besi ke dalam tubuh kurang, dengan sendirinya sel darah merah juga akan berkurang. Tubuh pun akan kekurangan oksigen. Akibatnya, timbullah gejala-gejala anemia yakni 5 L (letih, lemah, lesu, lelah, dan lunglai), daya ingat dan daya konsentrasi menurun. Gejala lain adalah munculnya warna pucat pada bagian kelopak mata bawah. Jadi, bagi temen-temen yang suka minum teh sesudah makan, mulailah meninggalkan kebiasaan tersebut demi kesehatan kita. Oke?


(bella soe)

Comments :

2 comments to “Teh Menghambat Penyerapan Zat Besi”

wow informatif sekali bell...

btw kasi tag donk...

Anonymous said...
on 

benar2..minum teh marie maem nggarai cepet PIKUUN.tapi biasae yo pancet minum teh soale enak.;p
harus dihindariii nehhh..wew~

Anonymous said...
on